100 Recipes: The Absolute Best Ways To Make The True Essentials (ATK 100 Series)

100 Recipes: The Absolute Best Ways To Make The True Essentials (ATK 100 Series)

B. Indonesia contoh teks deskripsi singkat dan strukturnya tentang tempat​

contoh teks deskripsi singkat dan strukturnya tentang tempat​

Jawaban:

Contoh Teks Deskripsi tentang Alam

Parangtritis nan Indah

Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta.

Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.

Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh.

Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua muda menikmati hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda atau angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.

Penjelasan struktur:

Judul: Dari judulnya saja, kita sudah bisa mengetahui bahwa teks akan membicarakan tentang keindahan dari Pantai Parangtritis.

Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks menjelaskan mengenai gambaran umum dari Pantai Parangtritis, mulai dari apa itu Pantai Parangtritis hingga detail lokasi dari pantai ini.

Deskripsi Bagian: Penjelasan rinci mengenai Pantai Parangtritis dijelaskan oleh penulis pada paragraf 2 dan 3. Penulis menuliskan deskripsi sesuai dengan penglihatannya yang terlihat pada kalimat “pantai bersih dengan buih-buih putih”, “ tebing yang sangat tinggi”, “semburat warna merah keemasan di langit”, dan sebagainya.

Simpulan/Kesan: Simpulan serta kesan dari teks di atas adalah penulis sangat mengagumi keindahan dari Pantai Parangtritis dan ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh para wisatawan di pantai ini untuk menikmati keindahannya.

Penjelasan:

semoga membantu.......;)

Jawaban:

iNews.ID logo

Contoh Teks Deskripsi Singkat Beserta Strukturnya

Contoh teks deskripsi singkat (Foto: Bernat Herman/Unsplash)

News Nasional Detail Berita

Contoh Teks Deskripsi Singkat Beserta Strukturnya

Ami Heppy S Jumat, 05 Agustus 2022 - 13:03:00 WIB

JAKARTA, iNews.id - Inilah contoh teks deskripsi singkat beserta strukturnya yang perlu kamu ketahui.

Teks deskripsi adalah teks yang berisi tentang gambaran suatu objek, peristiwa, atau tempat yang dijelaskan secara jelas dan rinci.

BACA JUGA:

Contoh Teks Eksposisi Singkat tentang Pendidikan Beserta Strukturnya

Tujuan teks deskripsi adalah untuk menggambarkan suatu objek secara rinci dan spesifik seperti bentuk, ukuran, dan warna berdasarkan sudut pandang penulis.

Agar lebih memahami teks deskripsi ini, kamu bisa menyimak contoh teks deskripsi beserta strukturnya berikut ini.

BACA JUGA:

5 Contoh Teks Narrative Singkat dan Terjemahannya untuk Pemula

Contoh Teks Deskripsi dan Strukturnya

Sebelum membahas tentang contoh teks deskripsi, kamu terlebih dahulu harus mengetahui tentang struktur teks ini.

Struktur teks deskripsi yakni:

BACA JUGA:

Kumpulan Contoh Teks Berita Singkat dengan Berbagai Tema, Lengkap Penjelasan Strukturnya

- Judul

Menggambarkan isi teks

BACA JUGA:

Contoh Teks Pidato Dalam Bahasa Inggris Singkat Tema Pendidikan dan Artinya

- Identifikasi

Berisi gambaran umum tentang objek yang dituliskan. Misalnya nama objek, sejarah, atau gambaran umum lainnya tentang objek tersebut.

BACA JUGA:

5 Contoh Teks Eksplanasi Sederhana, beserta Penjelasan Strukturnya

- Deskripsi bagian

Berisi perincian bagian objek, dapat berisi apa yang dilihat, didengar, atau dirasakan oleh penulis.

- Simpulan

Bagian penutup yang berisi kesan dari penulis tentang hal yang dideskripsikan.

Selanjutnya, kamu bisa menyimak contoh teks deskripsi berikut ini.

Contoh Teks Deskripsi 1

Rumah Tongkonan

(Identifikasi)

Tongkonan adalah warisan rumah adat Sulawesi Selatan. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang bermakna menduduki atau tempat duduk. Rumah adat ini dikatakan sebagai tempat duduk karena dahulu rumah tongkonan menjadi tempat bangsawan Toraja berkumpul untuk berdiskusi. Rumah ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan, kekuasaan adat, sekaligus perkembangan kehidupan sosial budaya masyarakat Toraja.

(Deskripsi bagian)

Atap Rumah Tongkonan melengkung menyerupai perahu atau tanduk kerbau. Atapnya tersusun dari bambu. Di bagian depan terdapat deretan dekorasi sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan. Atapnya ditutupi dengan ijuk hitam. Bagian bawah rumah biasanya digunakan sebagai kandang kerbau. Bagian dalam rumah dijadikan tempat tidur dan dapur. Ukiran di sekujur bagian rumah menambah cantik bangunan ini. Ukiran ini bermotif garis-garis lengkung yang harmonis.

Perbedaan jumlah ruangan suatu Tongkonan mengandung makna sosial dan ekonomi. Semakin banyak ruangannya, semakin tinggi kedudukan Tongkonan tersebut. Posisi atau letak tangga dan pintu disesuaikan dengan konsep kepercayaan masyarakat Toraja. Selain itu, pola hias yang ada pada tongkonan juga mengandung makna sosial, ekonomi, dan religius magis terutama yang berhubungan dengan realitas kehidupan masyarakat Toraja.

(Simpulan)

Sungguh kaya warisan budaya Indonesia. Kita bangga memiliki warisan budaya dengan nilai artistik yang tinggi dan unik. Rumah adat Tongkonan adalah warisan budaya yang perlu kita jaga.

[answer.2.content]